Minggu, 24 November 2019

Ternyata Ini Inspirasi Hidup Islami Terbaik


Kata-kata inspirasi hidup islami ini sering diucapkan atau diperdengarkan dan kita dengarkan. Akan tetapi banyak yang tidak mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena bertindak berdasarkan semata-mata hanya untuk nafsu dan egonya. Kita diperintahkan untuk menjaga sikap dan lisan kita terhadap orang lain, tidak hanya kepada pemeluk satu agama tetapi terhadap pemeluk agama lainnya. Tidak memandang umur, pangkat, harkat,jabatan atau hal lainnya. Setiap orang berhak untuk mendapatkan penghormatan dan setiap orang layak untuk di hormati juga tak lupa untuk menghormati serta saling menghargai satu sama lain.

Setiap hal yang kita lakukan akan berbalik kepada diri kita sendiri, entah itu kebaikan atau keburukan. Bisa dikatakan setiap tindakan kita seperti bibit, jika kita menanam kebaikan kita akan memanen kebaikan jika yang di tanam ialah keburukuan makan yang akan di dapatkan juga keburukan.

Ternyata Ini Inspirasi Hidup Islami Terbaik

BACA JUGA Kata Inspirasi Pagi Islami Terbaik


Hanya Allah tempat menaruh segala keluh kesah dan kesulitan. Ketika semua hal dalam hidup terasa begitu berat, masalah datang tumpang tindih, kekecewaan yang berangsur-angsur tanpa henti. Pasti sulit melewatinya. Dalam kehidupan kita ini, jujur dengan diri sendiri terkadang kita butuh motivasi untuk bangkit menjalani hari kembali, seolah seperti kata-kata motivasi hidup, motivasi Islam adalah vitamin untuk pikiran kita.

Kata kata bijak islam tentang kehidupan yang sedang atau kita kita baca itu tidak menggurui dilihat dari sisi manapun, sebab, sebetulnya pemikiran kita sendirilah yang menafsirkannya kata-kata tersebut.. Kita bisa bebas memaknai arti soal kehidupan ini secara lebih luas, bahkan  hibgga di ruangan paling sempit sekalipun. Meski kita terjatuh, kita akan berteku pada kesimpulan bahwa ‘bersama Allah semua akan baik-baik saja’.

Iya, Allah tidak pernah pergi dari kehidupan kita, melainkan Allah sedang memberikan nasehat kehidupan yang tidak akan pernah kita temukan kecuali kita sendirilah yang merenunginya dalam-dalam. Mungkin yang kita tulis saat ini hanyalah sekedar kata-kata, tapi beberapa orang butuh ini sebagai penguat dalam hidupnya, butuh diingatkan bahwa mereka tidak sendiri. Berikut adalah kata mutiara islami tentang kehidupan sebangai pengingat tentang kehidupan.

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan

“Bila engkau ingin berdo'a, sementara waktu terasa begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi beraneka ragam kebutuhanmu (hajat), maka jadikan seluruh do'amu itu sebagai permohonan ampun kepada Allah (istighfar). Sebab, bila Allah mengampunimu, maka semua hajatmu atau keinginanmu akan dipenuhi oleh-Nya tanpa engkau memintanya.” (Ibnu Qoyyim)"

Kata-kata yang disampaikan oleh Ibnu Qoyyim di atas, menjelaskan pada dasarnya bahwa kita sendirilah yang menghalangi pengabulan do'a dan pemenuhan hajat-hajat atau keinginan kita oleh Allah, sebetulnya adalah dosa dari diri kita sendiri.

Dengan kata ‘waktu yang begitu sempit’ sebetulnya beliau hendak menyampaikan tentang segala keterbatasan kita dalam berdoa. Karena seringkali lidah kita kelu ketika menyampaikan hajat-hajat atau keinginan  kita pada Allah SWT  karena kita memanglah banyak berbuat dosa sadar atau tanpa di sadari.

“Janganlah engkau menuntuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu. Tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena sebenarnya engkau telah menunda adabmu kepada Allah.” (Ibnu Atha’illah)

Hikmah yany di tulis atas oleh Ibnu Atha’illah di dalam kitab babon para sufi yang masyhur di seantero dunia: Al-Hikam. Kata-kata yang sangat dalam dan menyentil hati kita.

Seringkali kita tenggelam dalam kekecewaan karena do'a-do'a kita yang belum di kabulkan, hingga lupa bahwa sebenarnya kita juga melakukan hal yang serupa kepada Allah selalu menunda-nunda kewajiban kita, ketika seruannya berkumandang.

“Mengapa engkau merasa lelah? Ketika setiap 5 waktu Allah selalu menyemangati dengan hayya ‘alash shalaah & hayya ‘alal falaah; bahwa jarak antara kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah.”

Yang sering kita lupakan, bahwa tidak sedikit ayat-ayat yang telah mengatakan tentang kemenangan. Tidak perlu repot-repot mencari yang jauh, dalam lafadz adzan 5 waktu saja sudah sangat jelas bukan? Ingin sukses? Atau ingin kemenangan? Yuk sholat! Yuk Sujud! Jarak antara kita dengan kesuksesan sama dengan jarak antara kening kita dengan sejadah atau tanah.

“Dia mengenal dirinya sendiri akan sibuk dengan memperbaiki kekurangannya; yang mengenal Rabb-nya akan sibuk menundukan hawa nafsunya.” (Ibnu Qayyim)

Siapa yang mengenali dirinya sendiri akan mengenali Tuhannnya, Allah SWT. Pada tahap pertama, ia akan memperbaiki kekurangannya, merubah kebiasaan-kebiasaan buruknya, melakukan gerak-gerak yang amal shalih, dan yang terakhir menundukkan hawa nafsu atau pandangannya.

“Kecantikan dan ketampanan bukanlah namapak pada paras wajah yang menawan, tetapi pada hati yang penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.”

Karena fisik hanyalah cangkang, selayaknya cangkang bisa rusak atau retak. Tak akan abadi, sebaik apapun rupanya dan sepandai apapun merawatnya. Seperti dalam buku yang di tulis oleh Cak Nun menulis “Rumah yang indah itu hanyalah bungkusnya, keluarga yang bahagia itulah isinya. Pesta pernikahan hanya sebuah bungkusan, cinta kasih, pengertian, dan rasa tanggung jawab itulah isinya. Kekayaan itu hanya sebatas bungkusnya, hati yang gembira itulah isinya. Makanan enak hanya bungkusnya, gizi, energi, dan sehat itu barulah isinya. Kecantikan dan ketampanan hanyalah sebuah bungkusan. kepribadian dan hati adalah isinya. Sama seperti buku yang hanya terlihat elok covernya namun yang kita butuhkan adalah sari buku tersebut atau ilmu pengetahuannya. Dan masih banyak hal lagi yang menyilanukan di pandang tapi tak memiliki makna lebih panjang.
Sekian inspirasi hidup islami, semoga bermanfaat dan membantu dalam menuntun menjalani kehidupan yang lebih baik. Roda kehidupan akan terus berputar selama kita masih dalam fase kehidupan. Siapa yang di bawah kelak akan merasakan di atas tergantung bagaimana usaha dan do'anya, siapa yang saat ini di atas kejayaan jangan lupa bahwa bisa jadi suatu saat kau bisa saja berada di bawah, karena di atas langit masih ada langit.
Salam, sekian....

0 Comments

Posting Komentar